Baca | Download | Bagikan

Recent Post

    Recent Comment

    Kamis, 02 November 2017

    Manfaat Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan

    Baca Juga

    Manfaat Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan

    1.      MANFAAT LINGKUNGAN ALAM

    a.    Gunung

    Manfaat Gunung

    Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi. Banyak pohon tumbuh di gunung. Sewaktu hujan, akar akan menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. Sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musim kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata. Selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pencinta alam.

    b.    Sungai

    Lingkungan Alam

    Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Sungai yang besar terdapat di Sumatra dan Kalimantan.

    c. Pantai

    Contoh Lingkungan Alam

    Apakah kamu pernah pergi ke pantai? Apa mata pencaharian penduduk di sekitar pantai? Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kamu juga dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan transportasi antarpulau juga terdapat di pantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikui garis panai. Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan. Contoh perbuatan yang dapat kamu lakukan adalah tidak membuang sampah ke laut.

    d. Daratan

    Contoh Lingkungan Alam

    Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. Contohnya lembah, bukit, dan dataran. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian.
    Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200 - 300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.

    e. Laut

    Contoh Lingkungan Alam

    Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah banyak dan luas, yang menggenangi dan membagi daratan menjadi benua atau pulau-pulau. Laut juga termasuk dalam kenampakan alam yang banya memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Laut menyimpan banyak kekayaan alam, seperti ikan dan mutiara. Di dasar laut juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyak bumi dan gas. Laut menjadi sarana transportasi yang penting, baik dalam satu negara maupun antarnegara. Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, seperti berenang, menyelam, ski air, selancar, dan perahu layar.

    f. Danau

    Contoh Lingkungan Alam

    Danau merupakan kenampakan lingungan alam. Danau adalah sebuah cekungan di permukaan bumi (daratan), dimana jumlah air yang masuk lebih banyak daripada air yang keluar. Danau terjadi karena adanya cekungan di alam yang terisi air, baik dari air hujan maupun dari mata air yang ada di tempat tersebut. Danau juga dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air. Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau bagi kehidupan manusia antara lain untuk budidaya ikan air tawar, tempat wisata, irigasi/pengairan sawah sarana olahraga (dayung).

    2.      MANFAAT LINGKUNGAN BUATAN

    a.    Rumah

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Rumah merupakan tempat kita berteduh. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas.

    b.    Sawah

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Sawah banyak terdapat di daerah pedesaan. Sawah berguna bagi manusia. Sawah merupakan tempat menanam padi, jagung, dan palawija.

    c.    Jalan

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Jalan digunakan oleh manusia untuk sarana berpindah ke tempat lain. Jalan yang baik akan mempermudah kita men- capai tempat yang kita tuju.

    d.    Gedung sekolah

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Gedung sekoah merupakan tempat belajar bagi siswa. Kamu dapat bertemu teman baru di sekolah. Kamu juga bisa mendapat pengetahuan yang banyak di sekolah. Gedung sekolah ada bermacam-macam, misalnya bagi siswa SD, SLTP, dan SMU.

    e.    Pasar

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Di pasar biasanya dijual banyak barang, misalnya makanan, pakaian, dan alat-alat rumah tangga. Sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang-barang di pasar

    f.     Tambak

    Manfaat Lingkungan Buatan

    Usaha tambak dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak menggunakan daerah pantai untuk usaha tambak udang dan bandeng. Udang dan bandeng merupakan sumber protein yang diperlukan tubuh kita.

    g.    Perkebunan

    Manfaat Lingkungan Buatan

    pegunungan adalah jenis tanaman perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau.

    h.       Waduk


    Manfaat Lingkungan Buatan

    Waduk adalah wilayah yang khusus dibangun untuk menampung air untuk berbagai kepentingan manusia. Waduk dibuat manusia untuk menapung air hujan. Waduk juga sebagai tempat berkumpulnya aliran sungai atau tempat penampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia antara lain :
    1.      Pembangkit listrik
    2.      Irigasi / pengairan sawah
    3.      Budidaya ikan air tawar
    4.      Tempat rekreasi
    5.      Pengendalian banjir
    6.      Kegiatan olahraga

    3 komentar:

    1. Lingkungan alam dan lingkungan buatan... terima kasih sudah dishare saya izin copy artikelnya untuk kebutuhan tugas sekolah.

      BalasHapus
    2. Manfaat lingkungan alam dan lingkungan buatan. Izin coba filmnya untuk tugas sekolah

      BalasHapus
    3. terima kasih admin sudah berbagi artikel manfaat lingkungan alam dan manfaat lingkungan buatan. pemilihan gambarnya juga cocok....
      gambarnya seperti gambar bendungan bili bili dan tempat wisata lainnya di sulawesi selatan.

      BalasHapus