Baca | Download | Bagikan

Recent Post

    Recent Comment

    Jumat, 03 November 2017

    Persebaran Fauna di Indonesia Beserta Penjelasannya

    Baca Juga

    Persebaran Fauna di Indonesia
    Peta Persebaran fauna Indonesia

    Persebaran Fauna di Indonesia Beserta Penjelasannya

    Berikut ini daftar Persebaran fauna di Indonesia beserta penjelasannya :

    1. Persebaran Badak Jawa



      Badak 
          Jawa (Rhinoceros     sondaicus);     Disebut juga sebagai Badak Bercula Satu, Binatang endemik jawa yang     hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon (Banten) dengan     populasi hanya 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011).  
    2. Persebaran Kanguru Pohon Wondiwoi



      Ilustrasi Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri)
      Kanguru     Pohon Wondiwoi (Dendrolagus     mayri    atau Wondiwoi     Tree-kangaroo    Salah satu jenis kanguru pohon asal Papua ini populasinya     diperkirakan sekitar 50 ekor saja. Penjelasan 
       
    3. Persebaran Pesut Mahakam



      Pesut     Mahakam (Orcaella     brevirostris    atau Irrawaddy     Dolphin    Merupakan mamalia air tawar yang unik. Di Indonesia hidup di Sungai     Mahakam dengan populasi sekitar 70 ekor.
    4. Persebaran Macam Tutul Jawa atau Leopard



      Macan Tutul Jawa atau Leopard
      Macan     
      Tutul Jawa (
      Panthera     pardus melas    atau Javan Leopard; Disebut juga Macan Kumbang dengan jumlah     populasinya diperkirakan di bawah 250 ekor (IUCN 2008). Lebih detail.
    5. Persebaran Badak Sumatera


      Badak sumatera

      Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensisatau Sumatran Rhinoceros; Merupakan badak bercula dua yang     populasinya diperkirakan tidak lebih dari 275 ekor.
    6. Persebaran Kura - Kura



      Leucocephalon yuwonoi (kura-kura hutan sulawesi)

      Kura-kura 
          Hutan Sulawesi (Leucocephalon     yuwonoi    atau Sulawesi Forest Turtle; Kura-kura endemik sulawesi yang pernah     terdaftar sebagai The     World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011     dengan populasi kurang dari 250 ekor.
    7. Pesebaran Elang Flores


      Elang Flores
      Elang     Flores (Nisaetus     floris    atau Flores Hawk-Eagle; Burung elang endemik Flores dengan populasi     antara 150-300 ekor.
    8. Persebaran Rusa Bawean


      Rusa Bawean

      Rusa 
      Bawean (Axis kuhliiatau Bawean Deer; Rusa endemik pulau Bawean, Jawa Timur. Populasinya antara 250–300 animals (Semiadi 2004).
    9. Persebaran Burung Tokhtor SumateraSumateraTokhtor Sumatera (Carpococcyx viridisatau Sumatran Ground Cuckoo; Burung endemik Sumatera dengan populasi     sekitar 70-400 ekor.

    10. Persebaran Katak Merah


      Katak Merah
      Katak     
      Merah (
      Leptophryne cruentataatau Bleeding ToadAdalah katak endemik yang hanya hidup di TN Gunung Halimun-Salak dan TN Gede Pangrango. Populasi tidak diketahui. 
    11. Persebaran Komodo


      Hewan  
      KomodoKomodo merupakan hewan yang langka dan unik karena dianggap sebagai warisan jaman prasejarah yang masih hidup. Komodo merupakan kadal raksasa dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai panjang hingga 2-3 meter dan bobot 60 kg. Sejauh ini pernah ditemukan komodo raksasa dengan bobot 166 kg (termasuk berat makanan yang belum dicerna di dalam perut) dan  panjang 3,13 meter. Komodo termasuk hewan karnivora walaupun pada kenyataannya lebih banyak memakan bangkai hewan.
    Demikian daftar Persebaran fauna di Indonesia beserta penjelasannya

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar