Baca | Download | Bagikan

Recent Post

Recent Comment

Akhbar Sanusi commented on ciri ciri jenis dan gambar burung: “Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan…”
Naniq nur H commented on makalah pemeriksaan fisik head to toe: “kk bagi sumbernya dong kk :)”
Anonymous commented on 5 contoh karangan teks deskripsi tugas: “Deskripsi Itu sama arti nya membuat cerita yah”

Selasa, 10 Oktober 2017

Download Jurnal pengembangan media e-learning bahasa inggris model ADDIE

Baca Juga

Jurnal pengembangan media e-learning bahasa inggris model ADDIE Filetype: Pdf

Download  File Jurnal bisa Jurnal pengembangan media e-learning bahasa inggris model ADDIE  download di akhir artikel ini.

PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING GOESMART BERBASIS COLABORATIVE LEARNING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP  TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Gede Dedy Dharmayasa, Ketut Pudjawan, I Dewa Kade Tastra
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Pendidikan Ganesha
Singaraja, Indonesia
e-mail : dedy.dharmayasa@gmail.com, ketutpudjawan@gmail.com,  
tastradw@yahoo.com
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja, selain itu juga pembelajaran yang masih konvensional,  maka  dari itu untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa inggris kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja perlu dikembangkan e-learning goesmart, dengan tujuan adalah 1) Mendeksripsikan rancang bangun media pembelajaran e-learning goesmart yang membantu memudahkan siswa dalam belajar di  kelas  2)  Mendekskripsikan kualitas pembelajaran e-learning goesmart yang membantu memudahkan siswa dalam belajar di  kelas. 3) Mendekskripsikan efektifitas pembelajaran e-learning goesmart yang membantu memudahkan siswa dalam belajar di  kelas  VII SMP  Negeri 4 Singaraja.  
Model pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pencatatan dokumen, wawancara, kuisioner dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dengan paired sampel t-test. Validasi produk mencakup (a) uji ahli, (b) uji coba responden siswa, dan (c) uji coba guru mata pelajaran.   Hasil  review  media sebesar 78% (baik). Hasil  review  ahli desain pembelajaran sebesar 78% (baik). Hasil coba perorangan sebesar 94% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok sebesar 82,2%  (baik). Hasil uji coba user/guru mata
pelajaran sebesar 78% (baik). Hasil tanggapan siswa untuk uji lapangan sebesar 77% (baik). Perhitungan hasil dengan menggunakan uji-t, setelah dibandingkan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-learning mendapatkan hasil t-hitung = 10,985 ) 05 , 0 ( . Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning sangat signifikan. Hasil belajar berdasarkan rata-rata posttest sebesar 89,47 yang berkualifikasi baik, nilai  posttest  lebih  tinggi dari KKM sebesar 67, menunjukkan bahwa penggunaan media e-learning baik dan efisien dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata kunci : pengembangan, media e-learning, bahasa inggris, model ADDIE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar