Baca | Download | Bagikan

Recent Post

    Recent Comment

    Sabtu, 25 November 2017

    Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Bagian Bagian Hardisk Internal dan Eksternal

    Baca Juga

    Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Bagian Bagian Hardisk Internal dan Eksternal

    Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Bagian Bagian Hardisk Internal dan EksternalHarddisk Komputer

    PENGERTIAN HARDDISK

        Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

    FUNGSI HARDDISK

      Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

    TYPE / JENIS HARDDISK

    IDE

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOOhkkDR2BtWQUTnVLtLx2pkqFdl5aA8nR73GpUhjbNgYfvt5M8tgP5rnGQVPeZVqKaqXnwM9pvd3DwEEVTEK1kK9Bnv4KJhuUAweYssKj0PzZ48tC8Aq-7wBC4pqqOrf6mjZbL7bOG55u/s1600/jenis-jenis+-hardisk-dan-kapasitasnya-c.jpg

    Merupakan kependekan dari Integrated Device Electronics. Ada juga yang menyebutnya ATA (Advanced Technology Attachment). Yaitu jenis hdd yang mempunyai konektor sebanyak 40 pin data dan 4 pin power. Pada samping koneksinya terdapat juga jumper yang mempunyai fungsi untuk mengubah settingan hubungan ke mainboard. Pilihan kapasitasnya juga macam-macam, yaitu : 10, 20, 40, 80, 120, 160, 250 dan 320 GB.

    SATA

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYMP2HI1-LKg1Q8whX_zThWlIQTMP4DPZBiQ6yJV8b15NZlGMP89BY-SlWT_piepBQjH4PbDpc_LqKjJ0YrB0DH4j6z7aHzXGI8TSJ6T8HhJ40K6YWaZhWcTrDwUeFOFlR7TRFMRVmiL97/s1600/jenis-jenis-hardisk-dan-kapasitasnya-b.jpg

    Serial Advanced Technology Attachment. Yakni hdd yang mempunyai tampilan 4 dan 7 pin sebagai data dan power. Pada hardisk ini tidak terdapat jumper karena tidak perlu lagi untuk memerlukan pengaturan settingan. Mempunyai kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan jenis IDE, tetapi masih berada di bawah SCSI. Kapasitasnya pun bervariasi yaitu : 80, 120, 160, 250, 320, 500, 1 tera byte dan 2 tera byte.

    SCSI


    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7eFvwyz2bUp-a7jAN8x3_ooN7Y919RaaHm-3POoh3pTNac_cYSXg4Hl0lvH3N-D3QFF6OyhOBp0mZX0eQrmSOrPIHBsC69-pD8t15HhC89ODUCvNCFiwqwDnYSgyyNt2l4yUvm3ia6IKY/s1600/jenis-jenis-hardisk-dan-kapasitasnya-c.jpg

    Singkatan dari Small Computer System Intervace. Yaitu hdd yang mempunyai kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibanding IDE dan SATA. Untuk kabel data sebagai konektor menggunakan jenis SCSI 50 -68 pin. Pada umumnya digunakan sebagai komputer server. Secara umum, kapasitasnya adalah : 160, 250, 320, 500, 500, 1 TB, 2 TB, 5 T.

    BAGIAN-BAGIAN HARDDISK


      
    1. Spindle
    Harddisk terdiri dari spindle yang menjadi pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat, oleh karena itu harus menggunakan high quality bearing.
    Dahulu harddisk menggunakan ball bearing namun kini harddisk sudah menggunakan fluid bearing. Dengan fluid bearing maka gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir. Spindle ini yang menentukan putaran harddisk. Semakin cepat putaran rpm harddisk maka semakin cepat transfer datanya.
    2. Cakram Magnetik (Magnetic Disk)
    Pada cakram magnetik inilah dilakukan penyimpanan data pada harddisk. Cakram magnetik berbentuk plat tipis dengan bentuk seperti CD-R. Dalam harddisk terdapat beberapa cakram magnetik.
    Harddisk yang pertama kali dibuat, terdiri dari 50 piringan cakram magnetik dengan ukuran 0.6 meter dan berputar dengan kecepatan 1.200 rpm. Saat ini kecepatan putaran harddisk sudah mencapai 10.000rpm dengan transfer data mencapai 3.0 Gbps.
    3. Read-write Head
    Read-write Head adalah pengambil data dari cakram magnetik. Head ini melayang dengan jarak yang tipis dengan cakram magnetik. Dahulu head bersentuhan langsung dengan cakram magnetik sehingga mengakibatkan keausan pada permukaan karena gesekan. Kini antara head dan cakram magnetik sudah diberi jarak sehingga umur harddisk lebih lama.
    Read-write head terbuat bahan yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Ferrite head, MIG (Metal-In-Gap) head, TF (Thin Film) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, GMR (Giant Magnetoresistive) Heads dan sekarang yang digunakan adalah CMR (Colossal Magnetoresistive) Heads.
    4. Enclosure
    Enclosure adalah lapisan luar pembungkus harddisk. Enclosure berfungsi melindungi semua bagian dalam harddisk agar tidak terkena debu, kelembaban dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan data.
    Dalam enclosure terdapat breath filter yang membuat harddisk tidak kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam harddisk karena proses putaran spindle dan pembacaan Read-write head.
    5. Interfacing Module
    Interfacing modul berupa seperangkat rangkaian elektronik yang mengendalikan kerja bagian dalam harddisk, memproses data dari head dan menghasilkan data yang siap dibaca oleh proses selanjutnya. Interfacing modul yang dahulu banyak dipakai adalah sistem IDE (Integrated Drive Electronics) dengan sistem ATA yang mempunyai koneksi 40 pin.

    Demikian Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Bagian Bagian Hardisk Internal dan Eksternal

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar